SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RENSING RAYA KECAMATAN SAKRA BARAT

Artikel

Sosialisasi Budidaya Tanaman Olerikultura Kolaborasi KKN Tematik UNRAM dengan Dinas Ketahanan Pangan

13 Januari 2023 19:36:11  HANARI A.  379 Kali Dibaca  Berita Desa

Rensing Raya, Sakra Barat – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (UNRAM) 2022/2023 Desa Rensing Raya yang mengusung tema Pertanian Maju dan Berkelanjutan mengadakan kegiatan Sosialisasi Budidaya Tanaman Olerikultura akibat dari berkurangnya lahan pertanian, dengan solusi pemanfaatan lahan di pekarangan rumah. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 11 Januari 2023 di Aula Kantor Desa Rensing Raya Kec. Sakra Barat, Lombok Timur.

Secara berangsur jumlah wilayah pertanian di Indonesia mengalami pengurangan di akibatkan peralihan fungsi dari lahan pertanian menjadi wilayah industri, perkebunan, dan pemukiman. Hal tersebut juga dialami oleh beberapa desa di kabupaten Lombok timur salah satunya Desa Rensing raya, yang  merupakan bagian dari Wilayah Lombok Timur dan salah satu dari banyak Desa yang sudah mulai kehilangan lahan-lahan pertanian diakibatkan peralihan fungsi menjadi wilayah permukiman.

Masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang pemanfaatan lahan pekarangan rumah menjadi perhatian besar mahasiswa KKN Tematik UNRAM 2022/2023 Desa Rensing Raya, salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara budidaya tanaman olerikultura di pekarangan rumah guna meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Acara sosialisasi tersebut disampaikan oleh bapak Lalu Nadi Abidin Ali beserta jajarannya selaku pemateri dari Dinas Ketahanan Pangan Lombok Timur dan dihadiri oleh masyarakat setempat. Kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan apa itu tanaman olerikultura dan bagaimana membudidayakan tanaman olerikultura di lahan pekarangan rumah.

Penyampaian Materi Narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan(Penyampaian Materi Sosialisasi oleh Narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan)

Tanaman olerikultura merupakan jenis tanaman hortikultura dalam bentuk tanaman sayur dan mudah ditemui di lingkungan rumah. Terdapat banyak jenis tumbuhan olerikultura yang dapat dibudidayakan melalui metode pertanian saat ini. Sayuran adalah salah satu jenis tumbuhan yang dibudidayakan dengan metode pertanian modern, diharapkan dengan metode ini masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah guna untuk meningkatkan ketahanan pangan dan pendapatan keluarga.

Beberapa hasil rangkuman materi yang disampaikan narasumber terkait cara membudidayakan tanaman olerikultura :

  • Pemilihan media tanam harus sesuai agar tanaman tumbuh dengan baik
  • Pembibitan harus dilakukan menggunakan benih berkualitas
  • Lakukan penyiraman secara rutin. Pahami aturan penyiraman tanaman, karena tidak semua tumbuhan memerlukan penyiraman dengan kadar yang sama
  • Berikan pupuk organik untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman
  • Pantau tumbuhan secara berkala agar apabila terdapat hama dan penyakit bisa segera diatasi
  • Lakukan panen sesuai waktunya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Melalui sosialisasi yang diadakan, mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram 2022/2023 berharap masyarakat ke depannya dapat memaksimalkan pemanfaatan lahan terutama bagian pekarangan rumah dengan baik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. TGH Mashum-Bunut Baok Rensing Raya
Desa : Rensing Raya
Kecamatan : Sakra Barat
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83671
Telepon :
Email : [email protected]

 Peta Desa

 Pemerintah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:43
    Kemarin:67
    Total Pengunjung:48.197
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.131.133
    Browser:Mozilla 5.0