SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RENSING RAYA KECAMATAN SAKRA BARAT

Artikel

Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dari Kotoran Sapi oleh KKN Tematik UNRAM Desa Rensing Raya

06 Februari 2023 20:26:12  HANARI A.  461 Kali Dibaca  Berita Desa

Rensing Raya, Sakra Barat - Pembuatan pupuk kompos untuk pertanian di Desa Rensing Raya menjadi peluang yang menjanjikan untuk dikembangkan guna meningkatkan bidang pertanian­­­ perekonomian di Desa Rensing Raya. 

Salah satu peluangnya yaitu dengan memanfaatkan kotoran ternak sebagai bahan pembuatan pupuk kompos. Menurut masyarakat setempat kotoran ternak hanya dibuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan. Masyarakat Desa Rensing Raya masih banyak yang belum sadar bagaimana cara pemanfaatan kotoran ternak, disisi lainnya  masyarakat juga  mengeluhkan kenaikan harga pupuk yang terus meningkat untuk kebutuhan lahan pertanian mereka.

Melihat keadaan peternak yang ada di Desa Rensing Raya, Mahasiswa KKN Tematik UNRAM 2022/23 Desa Rensing Raya yang mengusung Tema Pertanian Maju dan Berkelanjutan mengajak masyarakat melakukan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak sapi menggunakan cairan EM-4, kegiatan ini diadakan secara langsung pada tanggal 03 Februari 2023 dan dihadiri oleh peternak dan masyarakat setempat. Kegiatan berhasil dilaksanakan dengan antusiasme tinggi dari para peternak & masyarakat yang hadir.

(Penyampaian Materi Pelatihan oleh Mahasiswa KKN Unram 2022/23 Rensing Raya)

(Demonstrasi pembuatan pupuk kompos)

Pupuk kompos manfaatnya tentunya sangat banyak, seperti dapat meningkatkan kesuburan tanah, membantu memperbaiki karakteristik dan struktur tanah, membantu meningkatkan aktivitas mikroba pada tanah, dan membantu menyediakan unsur hara pada tanah. Manfaat lainnya adalah penggunaan bahan alami sebagai pupuk tentunya akan menghemat biaya petani untuk menyuburkan lahan pertanian maupun perkebunan.

Dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk kompos ini semoga kedepannya  masyarakat jadi lebih tertarik untuk belajar dan dapat memaksimalkan sektor pertanian, dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Rensing Raya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. TGH Mashum-Bunut Baok Rensing Raya
Desa : Rensing Raya
Kecamatan : Sakra Barat
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83671
Telepon :
Email : [email protected]

 Peta Desa

 Pemerintah Desa

 Statistik

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:14
    Kemarin:67
    Total Pengunjung:48.168
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.69.58.34
    Browser:Mozilla 5.0